Apa itu Racun Sianida, Apa Bedanya dengan Arsenik?

Sianida dan Arsenik merupakan dua zat beracun berbahaya yang dapat menimbulkan kematian. Dua zat ini juga sering digunakan untuk membunuh secara diam-diam maupun bunuh diri karena sangat mematikan. Sebenarnya seperti apakah sianida dan arsenik itu?


Apa itu Sianida?
Sianida adalah senyawa kimia beratom karbon yang terikat ke atom nitrogen dan mengandung kombinasi kelompok siano (CN). Senyawa ini melepas ion sianida yang sangat beracun. Sianida dapat berbentuk cair, padat dan gas.

Apa itu Arsenik?
Arsenik adalah unsur logam yang membentuk sejumlah senyawa beracun. Arsenik ditemukan di alam pada tingkat rendah, sebagian besar bersenyawa dengan oksigen, klorin dan belerang.

Apa Efek Sianida bagi Tubuh?
Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa menghambat kinerja sel dalam tubuh, mengganggu penggunaan oksigen oleh sel, dan dapat menyebabkan kematian sel . Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit saja akibat kekurangan oksigen.

Apa Efek Arsenik bagi Tubuh?
Pada paparan rendah tubuh akan mengalami keracunan kronis dan karsinogenik (zat penyebab kanker). Pada paparan tinggi, korban akan mengalami kemandulan/keguguran, gangguan kulit, gangguan jantung, kerusakan otak dan kematian.

Apa gejala keracunan Sianida?
Sakit kepala, kesulitan bernapas, kecemasan, banyak keluar keringat, kulit kemerahan, merasa sangat lelah, vertigo, kejang-kejang.

Apa gejala keracunan Arsenik?
Diare, gangguan pencernaan, muntah-muntah, tenggorokan terasa kering, nyeri hebat atau rasa terbakar pada organ kemih, kram otot, kejang, mengantuk, berkeringat, kebiruan pada tungkai, mata merah, gagal ginjal dan dehidrasi.

Bagaimana cara mengatasi keracunan Sianida?
Mengupayakan agar korban munta atau membuat muntah dengan merangsang dinding taring belakang dengan jari (jangan dilakukan bila korban tidak sadar), memberi minuman hangat, memberikan napas buatan atau menempatkan penderita di ruang terbuka.

Bagaimana cara mengatasi keracunan Arsenik?
Untuk keracunan akut yang belum berlangsung 4 jam, korban diberi pekak (bunga lawang) untuk merangsangnya muntah. Dapat juga dilakukan bilas lambung apabila ia tak dapat minum. Sedangkan untuk keracunan lebih lama (termasuk keracunan kronik), sebaiknya diberi anti dotumnya, yaitu suntikan intramuskuler dimerkaprol.

Siapa Korban Racun Sianida?
Sebelum akhirnya menembakkan diri dengan pistol, Adolf Hitler dan Eva Braun menenggak racun Sianida untuk mempercepat kematiannya. Yang baru saja terjadi adalah kematian Mirna Wayan Salihin yang minum kopi vietnam dan ternyata telah dimasukkan Sianida.

Siapa Korban Racun Arsenik?
Munir, seorang aktivis HAM tewas karena racun Arsenik yang ditaruh dalam makanan dan minumannya pada penerbangan menuju Amsterdam.

Informasi lain tentang Racun Sianida
Sianida secara alami juga terdapat pada biji buah apel. Namun karena kadarnya sangat rendah, masih bisa ditoleransi oleh tubuh.

Informasi lain tentang Racun Arsenik
Arsenik sering digunakan sebagai pengawet kayu yang ampuh melawan serangga, bakteri dan jamur.

Jadi pertanyaannya, mematikan mana Sianida dan Arsenik?

0 komentar:

Posting Komentar